Kerugian Capai Ratusan Juta , Pasca Kebakaran Smart Sambal di Babat Begini Kronologinya

admin

Lamongan ]MMCNews.Id,- Peristiwa tersebut bermula Pukul 20.45 WIB, diduga berasal dari kebocoran gas elpiji ukuran 12 Kg  pada bagian sisi dapur . Selanjutnya pada pukul 20.50 WIB, Alfian bersama temanya karyawan Smart Sambal yang melihat ada tabung gas elpiji ukuran 12 Kg bocor berinisiatif mencabut regulator, akan tetapi karena Alfian dan temannya gugup , selang gas yang bocor tersebut mengenai percikan api , lalu menyambar tabung tersebut sehingga terjadilah kebakaran.

Sementara itu,   selang lima menit pukul Pukul 20.55 WIB, Purwanto Pemilik warung Barokah mengetahui terjadinya kebakaran tersebut lantas berinisiatif menghubungi petugas kebakaran yang ada di pos babat dan menghubungi Aparat terkait (Koramil 0812/10 Babat dan Polsek Babat.

“ada kebakaran saya inisiatif melaporkan “,terangnya.

Selanjutnya , 1 Unit PMK dari UPT Babat tiba di lokasi kebakaran
Pukul 21.45 WIB, 2 unit PMK dari UPT Kecamatan Ngimbang  tiba di lokasi kebakaran , dengan dibantu 1 unit PMK dari UPT Kebakaran Kabupaten Bojonegoro juga di datangakan untuk membantu pemadaman lokasi kebakaran

Lantas 2 unit PMK dari UPT Kebakaran Kecamatan Lamongan , api bisa dipadamkan sekira
Pukul 23.20 WIB, Dengan bantuan 6 Unit PMK dan menatralisir dengan pembasahan sampai dini hari agar tidak muncul sumber api.

Dari hasil Informasi yang didapat dari awak media pemilik kompleks ruko tersebut bernama Lisa Admanagapa yang juga pemilik Perusahaan Cosmetik Vikaris.

Tercatat ada tujuh bangunan ruko hangus pada kebakaran yang terjadi sekira pukul 21.00 Wib, Rabu, (14/04/2021) kemarin malam.

Kapolsek Babat AKP Dhany Rahadian Basuki , saat dihubungi menjelaskan api mulai muncul sekira pukul 21.00 Wib, kuat dugaan api berasal dari kompor LPG berukuran 12 kg yang menyala dan diduga ada kebocoran pada selang yang berada di rumah makan Smart Sambal.

Lebih lanjut, AKP Dhany menyebutkan, ditambah lagi jarak antara warung makan , toko , serta bangunan di sekitaran terlalu dekat hingga api dengan mudah.

Masih menurut Kapolek, Akibatnya, peristiwa kebakaran tersebut, berdampak kerugian ditaksir mencapai Rp 410,000,000,-00 (410 juta). itu berupa bangunan yang bersebelahan TKP kebakaran diantaranya

Ada Rumah makan Smart Sambel 2 unit ruko milik/penyewa diketahui bernama Suyanto (36) tahun beralamatkan warga perumahan Podang Indah Rt 002/003 Desa Karangkembang Kecamatan Babat. Suyanto (36) tahun mengalami Kerugian di taksir 120 juta berupa ruko dan kelengkapanya ditambah uang tunai yang berada di dalam brangkas Rp 10 juta dengan total kerugian sekitar 130 juta.

 

Ditambahkan, Sedangkan Toko Abadi Jaya Keramik 2 unit ruko yang disewa oleh Riskia Gustin, (33) tahun , yang berasal dari Bojonegoro tepatnya Jln. Lettu suyitno gg Eyang manis no 10 Desa Campurrejo Kecamatan Bojonegoro. Kerugian berupa material lloset/sanitari 15 buah, dan lainya ditotal kisaran 30 juta rupiah.

Selain itu ada tempat kuliner yang dijadikan jualan Bakso ikut terbakar , ruko tersebut disewa Jaelan, (42) Dusun Grenjeng Rt 001/004 Desa Sratu Rejo Kecamatan Baureno untuk berjualan bakso yang diberi nama “bakso Granat” , Jaelan (42) mengalami Kerugian sekitar 20 Juta rupiah, berupa perlengkapan jualan.

Ada lagi yang lebih parah , api membakar 1 ruko yang disewa Simanjaya, (50) tahun warga Desa Kedungharjo Kecamatan Widang yang dipakai untuk berjualan Roti Safana ini , Kerugian ditaksir mencapai 200 juta rupiah berupa 3 unit open roti, 2 unit mesin mixer, 1 unit TV, 1 unit Kulkas serta kelengkapan jualan.

Disebelahnya ada ruko yang dibuat kantor Wom Finance juga ikut terbakar yang didalamnya ada tiga unit AC, sudah tutup kurang lebihnya setahun namun, kondisi bangunan rusak akibatnya Deky , pria asal malang ini, ditaksir menelan kerugian 30 juta rupiah.
Atas kejadian ini Kapolsek Babat Res Lamongan menghimbau kepada masyarakat , untuk lebih ber hati-hati , dan selalu taati prokes untuk menghambat penyebaran Covid-19.(Red/Dik/Fit)

Editor : Didik Sap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *