Terkait Adanya Aksi Warganya , Kades : Silahkan Demo , Saya Siap Menghadapi

admin

Lahat | MMCNews.Id ,- Terkait tuntutan warga Desa Gunung Karto  yang menggelar aksi unjuk rasa dikantor DPMD yang ditujukan ke kades dengan menyuarakan adanya dugaan penggelapan APBDes tahun 2020, sebesar 780 juta pada hari kamis tanggal 09/09/2021 mendapat respon dari pihak camat dan kepala desa gunung karto. Jumat (10/09/2021).

Menanggapi hal tersebut  Camat Kikim Timur, kab Lahat Pukatul Hadi SP. Msi kepada awak media MMCNews.Id menjelaskan , masalah Dana APBDDes tahun 2020 sudah ditindak lanjuti dan sudah diperiksa oleh Inspektorat sehingga masalah laporan warga tersebut sudah terselesaikan.

Dia menyebutkan , terkait apakah sangsi yang akan diterima oknum kades nantinya, itu bukan wewenang / urusan DPMD ,Ispektorat, atau Pihak Kecamatan lagi. Semua kita serahkan ke penyidik , sesuai dengan aturan.

“Sudah tidak ada persoalan lagi, menyangkut ada warga yang tidak puas kita menanggapinya secara obyektif saja. Ada yang puas dan tidak puas bagi kita itu hal yang wajar saja, karena kerugian negara sudah ada pengembalian ke Kas Negara,”ungkapnya.

Hal senada disampaikan Darul Efendie. SE.MSi Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat Daerah (DPMD) kabupaten Lahat , permasalahan Kades Gunung Kerto Sugianto Sohar, sudah ditangani sesuai Prosuder dan untuk APBDDes 2021 sudah di Terima Bagian Anggaran pada tanggal 01 September 2021 , tinggal menunggu pencairan Triwulan 1(satu).

Sementara itu ,  Sugiarto Sohar Kades Gunung Kerto saat dihubungi melalui selulernya hanya tidak memberikan tanggapan ataupun berkomentar sebagai bentuk klarifikasi soal aksi demo yang ditujukan kepada dirinya.

Namun , disisi lain dari beberapa media yang sempat menghubungi dirinya  , kades menjawab ‘ Silahkan masyarakat demo itu hak mereka , saya siap menghadapi ,” kata kades seperti saat di hubungi via selulenya.

Sekedar diketahui , sebelumnya sekitar 70 orang perwakilan dari desa gunung kerto kab lahat menggelar aksi damai , menuntut pihak terkait untuk menindak kades gunung karto yang diduga melakukan penyimpangan.(Mar).

Editor : Didik Sap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *