Ragam  

Lestarikan Tradisi Lokal, Pemkab Bojonegoro Gelar Ruwatan Murwakala Gratis Bagi Masyarakat  

bambangsudiono
Img 20240707 Wa0085

Transbojonegoro.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyelenggarakan Ruwatan Murwakala yang diikuti masyarakat secara gratis. Ruwatan Murwakala digelar di tempat wisata Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (7/7/2024).

Kegiatan Ruwatan Murwakala tersebut diiringi pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Suntoro. Hadir dalam kegiatan ini, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto Bersama sejumlah pejabat, diantaranya Asisten, Staff Ahli, dan Kepala OPD. Hadir pula jajaran Forkopimcam Ngasem, Pemerintah Desa setempat, serta para peserta ruwatan massal.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan bahwa ia baru pertama kali mengikuti agenda ruwatan. Kegiatan ini, kata Pj Bupati, harus terus dilestarikan agar tidak terkikis oleh zaman. Sebab acara ini merupakan acara penting yang tidak hanya upaya kegiatan budaya, tapi ini usaha melestarikannya. Dengan hadirnya anak-anak muda diharapkan bisa melihat langsung dan ikut menyebarluaskannya.

“Semoga niat kita dalam acara ini menjadi niat yang dikabulkan Allah SWT, selamat mengikuti ruwatan semoga dilancarkan semua kegiatan ini, semoga diberikan kesehatan, keberkahan, dan keselamatan oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto dalam laporan kegiatannya, menuturkan tujuan dilaksanakan ruwatan murwakala ini guna melestarikan dan aktualisasi adat budaya. Juga sebagai wujud cinta seni tradisi, serta memfasilitasi masyarakat Bojonegoro yang masih memegang teguh budaya ruwatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *