Ragam  

Pemkab Matangkan Kesiapan Kawasan Geopark Bojonegoro Menjadi Kawasan UNESCO Global Geopark

bambangsudiono
Img 20240710 Wa0022

 

Transbojonegoro.net – Sebagai upaya mengusulkan ke UNESCO kawasan Geopark Bojonegoro menjadi kawasan Geopark Dunia, Pemkab Bojonegoro menggelar rapat Rencana Induk Geopark Bojonegoro. Kegiatan digelar di ruang Partnership Room lt. IV, gedung Pemkab Bojonegoro, Selasa (9/07/2024).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai panduan terkait tindak lanjut dari kegiatan pra review masterplan Geopark Bojonegoro. Pra review itu dilakukan di Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur. Juga menindaklajuti audensi di Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bojonegoro oleh Tim Bappenas.

“Ini untuk menunjang kesiapan Bojonegoro dalam rangka menuju UNESCO Global Geopark (UGGp), sekaligus keterlibatan masing masing pihak dalam rangka pemenuhan kebutuhannya serta kelengkapan dalam perbaikan penyusunan Rencana Induk Geopark Bojonegoro,” ucapnya.

Lebih lanjut, Nurul Azizah menjelaskan bahwa kedepan Bappenas akan memfasilitasi pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) maupun BUMN. Hal ini mengingat Geopark Bojonegoro melibatkan kewenangan beberapa pihak, yakni Pertamina dan Perhutani yang harus ada sinergitas dari semua pihak.

Dengan kegiatan ini hasil yang ingin dicapai diantaranya tersusun Rencana Induk Pengembangan Geopark Bojonegoro baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Selain itu, pentingnya hasil verifikasi dalam pengembangan Rencana Induk Geopark di Kabupaten Bojonegoro agar dapat menghasilkan rencana yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *